PASS FM Cilegon

Dua puluh sembilan penumpang dan lima anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Bukit Sumber Poleang berhasil diselamatkan setelah kapal yang ditumpangi itu terbakar saat sedang berlayar menuju pelabuhan Kassipute, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kendari, Aris Sofingi memastikan seluruh penumpang dan anak buah kapal (ABK) selamat dalam peristiwa terbakarnya Kapal Motor (KM) Bukit Sumber Poleang di perairan dusun Tanjung desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Senin (16/8). Termasuk yang selamat adalah dua balita berusia satu dan dua tahun.

Alhamdulillah untuk seluruh penumpang sejumlah 34 orang, terdiri dari penumpang dan ABK semuanya dalam kondisi selamat dan aman, dan telah dievakuasi ke desa Mapila, Kabupaten Bombana,” kata Aris Sofingi.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kantor SAR Kendari, KM Bukit Sumber Poleang terbakar saat sedang berlayar dari pelabuhan Sikeli tujuan pelabuhan Kassipute Kabupaten Bombana. Api diketahui muncul dari bagian belakang kapal pada pukul 12.00 Wita. Beberapa ABK segera membagikan pelampung kepada seluruh penumpang yang kemudian melompat ke laut saat api semakin membesar dan sudah membakar sebagian badan kapal.

Lokasi kecelakaan kapal yang berjarak sekitar 3 mil laut dari bibir pantai itu segera direspon masyarakat Dusun Tanjung Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara yang segera mendatangi lokasi kejadian dengan perahu untuk mengevakuasi para penumpang dan ABK yang mengapung di laut. Sedangkan KM Bukit Sumber Poleang dilaporkan hangus terbakar dan tidak bisa terselamatkan.

Sejauh ini penyebab kebakaran kapal yang terbuat dari kayu dan dilapisi bahan fiber itu masih dalam penyelidikan kepolisian setempat. [VOA INDONESIA]

Previous post
Next post
Related Podcasts
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *