PASS FM Cilegon

Sektor Kesehatan Jadi Salah Satu Fokus Pembangunan Pemprov Banten

Sektor kesehatan menjadi salah satu fokus pembangunan Pemerintah Provinsi Banten, karena sektor kesehatan menyangkut kepentingan masyarakat banyak. Setidaknya sektor kesehatan ini menjadi fokus di masa kepemimpinan Wahidin Halim – Andika Hazrumy.

“Pemprov Banten sudah sepakat dari awal bahwa sektor kesehatan menjadi fokus di dalam pembangunan selama saya menjadi pemimpin di Provinsi Banten,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim saat menghadiri peringatan sewindu RSUD Banten, Senin (11/10/2021).

Ia mengungkapkan, rumah sakit itu dirindukan oleh warga, pasien, dan masyarakat. Oleh karena itu, ia meminta kepada direksi dan tenaga kesehatan RSUD Banten untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman, suasana kerja yang melayani bukan yang dilayani.

“Yang membuat orang dari luar rumah ketika sakit sampai sini secara psikologi harus sembuh. Artinya jangan dimainkan soal pelayanan itu. Jadi jangan hanya mengutamakan kepentingan kita, tapi kepentingan publik kepentingan layanan. Itu yang selalu mengendap di dalam jiwa dan pikiran kita,” tambahnya.

Gubernur Banten juga berharap agar seluruh abdi negara membangun moralitas sebagai seorang abdi yang diniatkan sebagai seorang pelayan, pelayanan dengan ikhlas.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengatakan, saat ini tempat tidur yang tersedia di RSUD Banten sejumlah 250. Dengan penambahan gedung 8 lantai nanti akan ada penambahan 247 tempat tidur.

“Jadi totalnya kita nanti akan ada 500 tempat tidur. Tentunya dengan penambahan tempat tidur ini diharapkan keluhan dari masyarakat yang biasanya tidak dapat tempat tidur bisa terakomodir,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan, penambahan gedung 8 lantai ini diprioritaskan untuk rawat inap kelas 3 yang nantinya bisa mengakomodir masyarakat tidak mampu. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2009.

Ia juga mengatakan, RSUD Banten nantinya akan mengembangkan poliklinik. Di tahap awal, guna mempermudah akses untuk masyarakat, saat ini RSUD Banten telah membuka poli rawat jalan sore hari.

“Tentunya dengan bertambahnya gedung 8 lantai nanti, ICU akan bertambah menjadi 50. Ini akan menjadi satu-satunya rumah sakit yang jumlah ICU-nya di atas 20,” tuturnya.

Ditambahkan, rasio tempat tidur rumah sakit di Provinsi Banten saat ini adalah 1,2 : 1000 penduduk. Berdasarkan Peraturan Menkumham Nomor 34 Tahun 2016 bahwa rasio yang dinyatakan daerah itu adalah 1 : 1000.

“Artinya dengan jumlah tempat tidur yang dimiliki saat ini, Provinsi Banten termasuk peduli akan Hak Asasi Manusia,” tambahnya. [PASS News]

Previous post
Next post
Related Posts
Leave a Reply