Peringati Geger Cilegon 1888, Pemkot Cilegon Beri Penghargaan

by PASS FM Cilegon

PASS FM Cilegon – Pemerintah Kota Cilegon kembali memberikan penghargaan kepada para pejuang peristiwa Geger Cilegon. Penyerahan penghargaan diberikan oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian kepada para ahli warisnya, di halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Selasa (9 Juli 2024) bertepatan dengan peringatan peristiwa Geger Cilegon 1888.

Helldy memberikan penghargaan kepada 12 pejuang yang diterima langsung oleh ahli warisnya. Penghargaan serupa juga pernah diberikan kepada para ahli waris pejuang Geger Cilegon. Penghargaan itu dinilai layak diberikan kepada para pejuang sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah atas pengorbanan yang diberikan untuk bangsa dan negara.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah. Piagam penghargaan ini tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan pengorbanan para pejuang dalam melawan para penjajah. Pada tahun 2022 kami telah memberikan penghargaan kepada pejuang Geger Cilegon, maka hari ini kami meneruskan tradisi tersebut sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasa yang telah diberikan,” kata Helldy.

Helldy berharap dukungan dan doa dari semua pihak kepada Pemkot Cilegon yang kini masih berjuang untuk menjadikan dua tokoh Geger Cilegon, yakni Ki Wasyid dan KH. Arsyad Thawil menjadi pahlawan nasional. “Tahun kemarin sudah kita upayakan namun belum dapat dan Insya Allah akan kita perjuangkan lagi,” katanya.

Helldy pun mengapresiasi berbagai pihak yang konsen terhadap peristiwa Geger Cilegon. Terutama para seniman, sejarawan, dan aktivis lainnya yang telah berupaya maksimal untuk menggali dan mendalami peristiwa Geger Cilegon, sehingga informasi tentang Geger Cilegon 1888 dapat tersampaikan dan diketahui oleh generasi muda.

“Melalui peringatan ini kita semua menghormati para pejuang yang telah menyumbangkan jiwa dan raga untuk membela nilai-nilai keadilan dan persamaan di Kota Cilegon,” ucapnya.

Sementara itu salah satu ahli waris pejuang Geger Cilegon, Sunardi, mengucapkan terimaksih kepada Pemerintah Kota Cilegon, terutama Wali Kota Helldy Agustian yang telah memberikan penghargaan kepada pejuang Geger Cilegon.

“Sejak kepemimpinan Pak Wali kami sebagai ahli waris pejuang Geger Cilegon merasa diperhatikan oleh pemerintah daerah. Tradisi seperti ini memang bagus sekali agar masyarakat Kota Cilegon tidak melupakan sejarah,” kata Sunardi.

Pemerintah Kota Cilegon pada tahun 2021 menetapkan tanggal 9 Juli sebagai peringatan peristiwa Geger Cilegon. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Wali Kota Cilegon No. 433/kep.167-Disbudpar/2021 tentang Penetapan Hari Peringatan Peristiwa Geger Cilegon 1888. [PASS News]

Related Posts

Leave a Comment

logo pass fm cilegon retina-01
Copyright 2023 – All Right Reserved. PASS FM Cilegon
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00