PASS FM Cilegon

Tugu Pamulang

Gubernur Banten Wahidin Halim meresmikan Tugu Pamulang di Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (8/1/2022). Bentuk tugu sebelum adanya revitalisasi mendapat reaksi negatif dari masyarakat.

“Awal rencana pembangunan Tugu Pamulang ini merupakan aspirasi masyarakat Kota Tangerang Selatan yang meminta untuk dilakukan revitalisasi, mengingat tugu yang lama kondisinya sudah tidak sesuai peruntukannya,” kata Wahidin saat meresmikan Tugu Pamulang.

Ia menyebut, pembangunan Tugu Pamulang berkonsep pembangunan partisipatif yang diklaimnya merupakan model pembangunan yang selalu ia lakukan selama ini.

“Agar hasil dari pembangunan benar-benar dirasakan oleh masyarakat, karena nanti masyarakat yang akan merasakan pembangunannya, bukan saya. Saya hanya memfasilitasi saja,” tambahnya.

Model pembangunan partisipatif, menurut WH, sudah dilakukan sejak perencanaan pembangunan Tugu Pamulang. Pada tahap perencanaan, desain bangunan dilakukan melalui proses sayembara terbuka yang melibatkan seluruh masyarakat.

“Dan Alhamdulillah sekarang sudah terlihat jauh lebih bagus dan indah dibandingkan dengan kondisi sebelumnya, lebih bersih pula,” katanya.

WH berharap, dengan diresmikannya Tugu Pamulang ini dapat mendatangkan manfaat dan maslahat bagi masyarakat sekitar dari berbagai perspektif dan dimensi.

“Makanya saya secara optimal menyerap aspirasi masyarakat yang sudah tertuang di dalam sebuah tugu,” katanya.

Sementara, Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten Arlan Marzan mengungkapkan, pembangunan Tugu Pamulang merupakan tindaklanjut dari hasil sayembara desain tugu dari bulan Agustus-September 2021.

Sayembara desain Tugu Pamulang ide dan gagasan bersumber dari Gubernur Banten Wahidin Halim menyikapi permintaan masyarakat, khususnya masyarakat Tangsel terhadap perubahan desain tugu.

“Pembangunan Tugu Pamulang ini selesai dalam dua bulan setelah hasil sayembara dilakukan, dengan menggunakan APBD Provinsi Banten Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp700 juta,” ucapnya. [PASS News]

Previous post
Next post
Related Posts
Leave a Reply