PASS FM Cilegon

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meyakini, pendidikan dapat menurunkan angka kemiskinan dan keterbelakangan, serta merupakan jalan meraih kesejahteraan. Sedangkan kualitas sumber daya manusia berkorelasi positif dan signifikan terhadap tingkat kesejahteraan.

Hal tersebut dikatakan Andika saat memberikan paparan dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta 2021 secara virtual, Kamis (19/8/21).

“Karena peran pentingnya, peningkatan akses dan pemerataan layanan pendidikan menjadi salah satu program prioritas pembangunan Pemprov Banten yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2017-2022,” kata Andika.

Dikatakannya, Pemprov Banten berupaya memberi layanan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan taraf pendidikan warga masyarakat.

Salah satu program prioritas Pemprov Banten saat ini adalah meningkatkan aksesibilitas dan pendidikan yang berkualitas dengan penjaminan mutu pendidikan. Upaya ini dapat dilakukan dengan melaksanakan manajemen berbasis sekolah dan pemenuhan standar pelayanan minimal pendidikan.

Sedangkan menurut Andika, manajemen berbasis sekolah dan pemenuhan standar pelayanan minimal pendidikan akan membentuk sekolah berbasis mutu, serta peningkatan kapasitas SDM pendidikan melalui pelatihan kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan.

Oleh karen itu, perlu dilakukan pengembangan pembelajaran yang berkualitas melalui kurikulum yang andal serta tenaga pendidik yang profesional dan kompeten.

“Karena itu, penyelenggaraan pendidikan tenaga pendidik harus mengutamakan pembaharuan, inovasi dan kesempatan bagi guru, tenaga kependidikan dan siswa,” imbuhnya.

Peningkatan pendidikan agama dan pendidikan karakter melalui penciptaan lingkungan pendidikan berintegritas, bebas intimidasi dan kekerasan serta penegakan disiplin dalam pengelolaan pendidikan, juga disebut Andika sebagai sebuah keharusan.

Menurutnya, pendidikan karakter merupakan sebuah investasi yang memiliki peranan strategis dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. [PASS News]

Previous post
Next post
Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *